-->

Sabtu, 05 September 2015

Perbedaan CPU, GPU dan APU.

Hello guys? back to me "Muhammad Bagus Icfan" akan sharing Perbedaan CPU, GPU dan APU.

Processor yang ada pada sistem komputerisasi yang saat ini paling banyak digunakan ada tiga jenis, yaitu CPU, GPU, dan APU. Ini adalah tiga jenis processor yang banyak digunakan pada komputer – komputer jaman sekarang. Komputer yang Saya maksud disini adalah komputer yang dalam artian umum yaitu sebuah peralatan yang mempermudah pekerjaan manusia. Jadi, PC, laptop, gadget dan semua yang menggunakan teknologi sistem komputerisasi memiliki setidaknya salah satu dari ketiga processor tersebut. Pasti Anda akan sedikit bingung bukan?

Perbedaan Ketiga Jenis Processor CPU, GPU, dan APU oleh tekno segiempat
IDT999.BLOGSPOT.CO.ID


Processor yang sebelumnya dikenal hanya ada AMD dan Intel tapi kini ternyata masih terbagi lagi. Intel dan AMD itu hanya merek dari vendor penyedia dari jenis processor. Para vendor seperti Intel dan AMD ini juga menciptakan sebenarnya menciptakan ketiga jenis processor tersebut. Yang membedakan dari ketiga jenis processor tersebut hanyalah penggunaannya. Nah, pada artikel kali ini akan Saya bagikan tentang perbedaan dan definisi dari ketiga jenis processor tersebut.

  • CPU (Central Processing Unit)
Kata CPU ini mungkin sudah sangat melekat di kepala kita. Jika, Anda masuk ke sekolah – sekolah atau perkantoran yang dimana para mayoritasnya masih awam dalam dunia komputer, kata CPU ini kerap kita dengarkan. CPU yang mereka maksud adalah seperangkat alat komputer, sungguh kasihan pendidikan tentang dunia teknologi di tanah air. CPU adalah hanya sebuah alat komputer yang dengan nama lain adalah processor. CPU sebenarnya hanyalah sebuah chip yang dapat menjalankan proses algoritma yang diinput kemudian menampilkannya pada layar. Inilah yang membuat CPU juga dinamakan sebagai otak dari komputer karena semua proses yang ada pada komputer diolah oleh satu perangkat ini. CPU ini paling banyak digunakan pada PC yang juga banyak dikenal dengan nama CPU Intel Core dan AMD Phenom. CPU banyak digunakan pada komputer karena performa dan kinerja dari CPU ini lebih cepat dalam memproses algoritma perhitungan.
  • GPU (Graphical Processin Unit)
Kata GPU ini pertama kali Saya dengarkan sendiri ketika Saya pertama kali membeli dan merakit sendiri komputer untuk gaming. Istilah GPU ternyata sudah ada sejak dulu pada VGA – VGA card untuk kelas mainstream keatas. Seperti yang Saya katakan pada paragraf pertama tadi, bahwa processor ini tidak hanya pada PC saja melainkan untuk semua jenis perangkat sistem komputerisasi. GPU adalah salah satu jenis processor atau chip untuk mengolah algoritma grafik pada komputer Anda. Jika, Anda menggunakan VGA card kinerja dari CPU Anda tidak terlalu terbebani lagi untuk mengolah semuanya. Karena, VGA card akan mengolah sendiri algoritma dari visual sebuah software atau game yang akan tampil di monitor dengan GPUnya. Para gamer pasti selalu memilih VGA card dengan GPU yang tinggi, agar dapat memainkan gamenya dengan lebih baik.
  • APU
APU adalah semacam processor yang bisa juga dikatakan penggabungan antara CPU dan GPU. Karena, APU tidak hanya mengerjakan algoritma perhitungan saja, tetapi juga mengerjakan algoritma gambar. Processor APU ini tentunya akan lebih berat kerjanya dari kedua processor diatas, untuk itu processor jenis ini hanya digunakan untuk perangkat komputer yang mini saja, seperti notebook, gadget, atau PC mini sepertu Raspberry pi.

Semoga bermanfaat ya ;)

2 komentar :